Rapat Senat Terbuka dengan agenda Penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja Bakal Calon Rektor Unkhair Periode 2017 – 2021 telah digelar pada Kamis 13 April 2017 bertempat di Aula Nuku Rektorat Unkhair yang diikuti oleh 4 (empat) bakal calon Rektor yakni : 1. Dr. Abdul Hadi Sirat, SE, M.Si, (Prodi Manajemen-Fekon), 2. Dr. Abdul Wahab Hasyim, SE, MS (Prodi Manajemen-Fekon), 3. Prof Dr. Husen Alting, SH, MH (Fak Hukum), 4. Dr. M Ridha Ajam, M.Hum (Fak Sastra dan Budaya), dan dipandu oleh moderator Dr. M Janib Ahmad, SP, M.Sc.

Dalam sambutan mengawali penyampaian visi misi ini Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Sekertaris Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, Prof. Drs. John Hendri, M.Si., Ph.D, mengatakan bahwa pemilihan rektor sekali dalam empat tahun adalah hal yang biasa dan sudah menjadi ketentuan serta mekanisme yang harus dipatuhi dalam sebuah perguruan tinggi negeri. Dia juga berharap agar penyampaian visi, misi dan program kerja dapat menjadi sarana untuk menyampaikan gagasan dan pemikiran sebagai calon Rektor untuk memajukan Unkhair. Beliau juga menambahkan, pemilihan rektor Unkhair adalah pemilihan pimpinan seluruh sivitas akademika Unkhair, sehingga siapa pun dari empat bakal calon rektor yang nantinya terpilih menjadi rektor haruslah dapat menjadi pemimpin bagi semua pihak.

Dr. Abdul Hadi Sirat, SE, M.S mengusung visi : “Menjadi Universitas Unggul dan Kompetitif di Tingkat Nasional Tahun 2021”. Sementara Dr. Abdul Wahab Hasyim, SE, M.Si menawarkan visi: “Menuju Unkhair yang Maju dan Inovatif, Tanggap Terhadap Perkembangan Global dan Tantangan Lokal yang Berbasis Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Prof. Dr. Husen Alting, SH, MH masih tetap menggunakan visi “Maju dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni berbasis kepulauan dan kemajemukan untuk kemanusiaan dan kesejahteraan 2025” sebagaimana tertuang dalam Statuta Unkhair dengan strategi pencapaian sesuai kerangka induk pengembangan yakni pengembangan tata kelola BLU bagi kelas-kelas pembelajaran berbasis riset (2017-2021). Selanjutnya, Dr. M Ridha Ajam, M.Hum mengusung visi: “Unkhair Menuju Universitas Unggul di Kawasan Indonesia Timur, dan Terdepan di Maluku Utara dalam Proses Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat”.

Hasil Penyaringan Bakal Calon Rektor untuk menetapkan tiga calon rektor yang dihadiri 28 orang anggota senat Universitas menghasilkan 3 nama tiga orang calon Rektor Unkhair yang akan disampaikan  ke Menristekdikti dan selanjutnya Senat Universitas melakukan pemilihan bersama Menteri untuk melahirkan satu nama rektor terpilih selaku peraih suara terbesar. Tiga nama yang lolos tahapan penyaringan tersebut adalah : 1.Prof. Dr. Husen Alting, SH,MH (memperoleh 16 Suara), 2. Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum (memperoleh 7 suara), 3. Dr. Abdul Wahab Hasyim, SE, MS (memperoleh 5 suara).

 

 

 

 

Penyampaian Visi, Misi & Program Calon Rektor UNKHAIR Periode 2017-2021